Tentang Kegiatan
Program Kewirausahaan Kopi

Program Kewirausahaan Kopi adalah salah satu program Perpusnas RI yang berbasis inklusi sosial. Program ini memfasilitasi masyarakat yang membutuhkan  pelatihan keterampilan sebagai bekal pemberdayaan sosial ekonominya. Fenomena terkini, perkembangan industri kopi yang tumbuh pesat telah membuka peluang dan harapan bagi siapa pun yang berminat membuka usaha. Untuk itu, harapan kami, program ini bisa berkontribusi pada upaya perwujudan cita-cita dan harapan tersebut.


Dalam program ini, Perpusnas RI bekerjasama dengan berbagai pihak yang berkopetensi di bidang terkait untuk memberikan pelatihan keterampilan menyeduh kopi, mengelola kedai hingga pendampingan bagi masyarakat yang mulai berwirausaha di bidang kopi.


Pelatihan akan dimulai dari tingkat dasar dan seminar kewirausahaan. Pada tingkat dasar ini peserta yang akan dilatih berjumlah 480 orang dari delapan (8) Kota yang telah ditentukan, yaitu ; Medan, Lampung, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, Denpasar dan Ruteng (NTT). Masing-masing kota akan di isi oleh 60 peserta.


Tahap berikutnya adalah pelatihan tingkat lanjut. Hanya dua (2) orang peserta dari tiap kota yang berhak untuk masuk pada tahap ini, berdasarkan seleksi dan memenuhi kriteria . Kecuali Kota Jakarta, melingkupi Jabodetabek, akan dipilih enam (6) orang peserta. Peserta terpilih akan mengikuti pelatihan secara intensif yang akan dilaksanakan di Jakarta dan Bandung. Tentu seluruh akomodasi sepanjang pelatihan akan difasilitasi oleh panitia.


Syarat mendaftar sebagai peserta : 

1. Usia 18 - 45 tahun;

2. Pendidikan minimal SLTA/sederajat

3. Peminat kopi

4. Berkomitmen mengikuti seluruh rangkaian dan ketentuan yang berlaku.

kopi8
Tahapan Kegiatan

Kegiatan ini berlangsung selama 2 tahapan, yaitu tahap dasar meliputi teori dan praktek. Sesi teori akan dilaksanakan melalui daring dengan menggunakan aplikasi zoom, dan sesi praktek akan di laksanakan dengan cara onsite dimasing-masing daerah pada kedai kopi yang telah ditunjuk sebagai tempat praktek. Untuk tahapan lanjutan kami akan menyeleksi sebanyak 20 orang peserta perwakilan dari masing-masing daerah yang akan dilatih secara intensif selama dua minggu di Jakarta, setelah melakukan evaluasi penilaian pada sesi sebelumnya. Untuk tahap lanjutan, beberapa kegiatan yang akan di dapatkan sebagai berikut:

Kunjungan Kebun Kopi

Field trip ke perkebunan kopi, guna memperkenalkan proses penanaman, pemetikan dan pemrosesan, proses pasca panen hingga sangrai.

Uji Praktek Kedai 

Uji mensimulasikan operasional kedai sesuai perencanaan bisnis yang dibuat setelah mendapat pelatihan tentang kewirausahaan. 

Sertifikasi BNSP

Dengan bimbingan instruktur dan mentor secara intensif, peserta akan melakukan sertifikasi dengan standar Badan Nasional Sertifikasi Profesi.